Kursus Service Handohone atau Ponsel Online Free

Disini Saya ingin membuatkan ilmu dan pengalaman teknisi ponsel buat teman-teman, saudara dan semuanya, karna menjadi seorang teknisi ponsel tidaklah sulit dan tidak lah harus mengikuti kursus yang berbayar, semua itu tergantung dari niat kita masing masing, Belajar secara otodidak pasti mampu selagi ada kemauan yang besar lengan berkuasa dan tekad yang bundar untuk berguru atau mempelajari suatu ilmu disini kita akan mempelajari ilmu teknisi ponsel dan tentunya jangan aib untuk bertanya.

Sebelum Kita memulai pembelajaran tentu ada peralatan yang harus kita miliki untuk melaksanakan reparasi pada sebuah ponsel, bagaimana kita dapat memperbaiki sebuah ponsel kalau kita tidak memiliki sarana dan prasarana untuk menunjang aktifitas kita dalam melakukan perbaikan ponsel.

Peralatan yang kita butuhkan ada 2 Jenis peralatan untuk perbaikan
  1. Perangkat keras (Hardware) 
  2. Serangkat Lunak (Software)

Peralatan yang kita butuhkan untuk melaksanakan reparasi ponsel untuk Perangkat keras pada ponsel (Hardware)

1. Alat Alat
- Satu set obeng
- Satu set pinset
- Timah Gulung Ukuran Kecil
- Timah Pasta
- Flux
- Timah
- Kawat Jumper
- Plat BGA Untuk Mencetak Kaki IC
- Penjepit PCB

2. Solder Uap Atau Hot Air
Alat ini berfungsi untuk Membuka,Memasang,Mencetak dan Membuat Kaki IC dari komponen yang terdapat pada ponsel.Cara penggunaan Solder Uap :
- Tombol On / Off (Berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan)
- Temp Contro atau Pengatur Panas berfungsi sebagai pengaturan Uap panas yang dikeluarkan oleh Solder Uap, Pengaturan Uap panas yang biasanya digunakan pada saat pengangkatan IC BGA yakni minimal 4 dan maximal 6, Untuk pencetakan Kaki IC BGA posisi Heater 6 atau 300 hingga 350 derajat.
- Air Control atau Pengaturan Udara berfungsi sebagai pengaturan angin dari Solder. Untuk pengangkatan dan pemasangan IC BGA Posisi Air angka 2 hingga 4, sedangkan untuk pencetakan kaki IC BGA posisi Air minimal 1 dan maximal 4 atau tergantung dari kondisi solder uap yang kita miliki.

3. Solder Manual
Alat ini digunakan untuk penyolderan secara manual, pemasangan kawat jumper, membersihkan kaki IC dan lain lain.

4. Power Supplay DC
Alat ini memiliki kegunaan sebagai adaptor / regulator (pensupply tegangan DC) dan dapat pula digunakan dalam pendeteksian kerusakan pada ponsel, dalam kata lain mampu juga sebagai pengganti tegangan battery, dengan menggunakan Power Supply ini akan memudahkan kita dalam pendeteksian kerusakan pada ponsel karena jikalau ponsel itu terjadi relasi singkat atau konsleting Power suplly ini secara otomatis akan mati dan tidak akan menambah parah kerusakan pada ponsel
Cara penggunaan DC power supply :
Hidupkan Power Supply, atur tegangan dengan memutar kalibrasi sesuai tegangan yang diharapkan Ponsel atau sesuaikan dengan Voltage Battery Ponsel anda, lalu matikan Power Supply.

a. Kabel merah = positif
b. Kabel hitam = negative
c. Kabel hijau/biru = Btemp ( baterai temperatur )
d. Kabel kuning = BSI ( battry system isu )

5. Multi Tester/Multi Meter / Avo Meter
Alat ini memiliki kegunaan dalam pengukuran komponen ataupun jalur dan juga dapat mengukur Tegangan DC pada Ponsel ataupun tegangan AC.

Peralatan yang kita Butuhkan ntuk melaksanakan reparasi ponsel untuk Perangkat Lunak (Software) 

1. Perangkat Computer atau Leptop
2. MobileEx, UFS_HWK, JAF, DLL 

Setelah kita memiliki Perlengkapan Peralatan Reparasi Ponsel, kisa sudah memiliki sarana dan prasarana untuk menunjang aktifitas kita dalam melakukan perbaikan Ponsel, Sekarang kita akan mulai yakni bagai mana  Cara Mengetahui Titik Kerusakan Pada Ponsel 
Facebook Comments