Cara Mengetahui Titik Kerusakan Pada Ponsel

Mengetahui Titik Kerusakan Pada Ponsel Wajib diketahui oleh seorang teknisi ponsel sebelum melaksanakan Reparasi pada ponsel, disini kita akan mencoba mencari titik kerusakan pada ponsel di area hardware dengan cara membaca schematics menggunakan Komputer atau Leptop dengan cara membaca Schematics atau diagram ponsel itu sendiri.

Sebagai pola : Kita mendapat Nokia X2-00 dengan kerusakan pada keypad ( * 0 # ) tidak berfungsi.

Cara Mengetahui Kerusakan Pada  Keypad Nokia X2-00

1. Membersihkan papan tombol di PCB ponsel (Kotoran mampu menjadikan keypad tidak berfungsi) setelah dirasa penyebab kerusakan bukan karena papan tombol yang kotor lanjut ke tahap yang selanjutnya,2. Penyebab kerusakan mampu jadi karna jalur keypad yang bermasalah atau terputus, cara mengetahui jalur keypad dengan Cara Membaca Schematics atau diagram.

Pada gambar dibawah ini yaitu Schematics nokia x2-00
- Key * (Bintang) Denga Code S2420
- Key 0 (Nol) Dengan Code S2421
- Key # (Pagar) # Dengan Code S2422
Jadi sekarang coba kia searching keypad tombol 0 (Nol).


2. Disini kita dapat melihat kemungkinan kerusakan *,0 dan # mampu disebabkan oleh jalur dari *,0 dan # ke Z2400 Terputus di R2440 atau di L2404,
- Cara perbaikkannya mampu dg cara diganti R2440 atau L2404 atau di Jumper.
Seteah dirasa R2440 atau L2404 sudah benar-benar indah tapi tombol *,0 dan # masih tidak berfungsi sama sekali kita lanjut ke tahap yg ketiga.


3. Tahap yang ketiga kita mencoba untuh Rehot atau dipanaskan  IC keypad Z2400 dengan menggunakan Bower Hot Air / Solder Uap, apabila tidak berhasil Ganti IC Z2400 dengan yang baru.


Setelah kita hingga di tahap yg Terakhir biasanya ponsel sudah berada dalam kondisi normal kembali.dan begitu juga sama halnya penanganan kerusakan yg lainnya pada ponsel.

Contoh Lain Kerusakan pada SimCard Nokia X2-00


Untuk mengetahui titik kerusakan pada sebuah ponsel anda harus dapat membaca diagram atau schematics pada ponsel yang ingin anda reparasi, berikut Cara membaca schematics pada ponsel
.
Facebook Comments